MEMAHAMI PENELITIAN SECARA MUDAH
NO
|
VARIABLE
|
KUANTITATIVE
|
KUALITATIVE
|
1
|
GENERALISASI
|
CENDERUNG GENERALISASI
|
TRANFERABILITY
|
2
|
REALISTIS
|
TUNGGAL,TERAMATI,KONKRIT
|
GANDA,HOLISTIK,KONSTRUKTIF
|
3
|
HUBUNGAN VARIABLE
|
SEBAB AKIBAT
|
TIMBAL BALIK,INTERAKTIF
|
4
|
DESAIN
|
SPESIFIK,JELAS,RINCI,DITENTUKAN DARI
AWAL,DAN JADI PATOKAN
|
UMUM,FLEKSIBEL,BERKEMBANGDALAM PROSES
PENELITIAN
|
5
|
USULAN PENELITIAN
|
SINGKAT
|
PANJANG LEBAR
|
6
|
HUBUNGAN PENELITI DENGAN YANG DITELITI
|
INDEPENDEN
|
INTERAKTIF,TIDAK DAPAT DIPISAHKAN
|
7
|
TEHNIK
|
EXPERIMEN,ANGKET,WAWANCARA DAN LAIN LAIN
|
INTERVIEW,TRIANGULAS DAN PENGUMPULAN
DOKUMENTASI
|
8
|
TUJUAN
|
DAPAT DIUJI,BERDASARKAN FAKTA UNTUK
MEMPEROLEH TEORI BARU
|
VALIDITAS DAN RELIABILITAS DIRAGUKAN
DAN TEORI YANG HASILKAN INTERAKTIF
|
9
|
SUMBER DATA
|
SAMPLE CENDERUNG LUAS DAN BESAR
|
SAMPLE CENDERUNG KECIL DAN TERBATAS
|
10
|
ANALISA
|
DEDUKTIF DAN EMPIRIS
|
INDUKTIF,PENGERTIAN DAN KONSEP
|
11
|
PERANAN NILAI
|
CENDERUNG BEBAS NILAI ,OBJEKTIF
|
SELALU TERIKAT NILAI ,DAN SUBJEKTIF
|
12
|
KELEMAHAN
|
CONTROL VARIABLE PENELITIAN LEBIH KETAT
|
BUTUH WAKTU LAMA ,PROSEDUR TIDAK BAKU
,TIDAK PAS PENELITIAN SKALA BESAR ,DIPENGARUHI SUBJEKTIF
|
13
|
KELEBIHAN
|
TINGKAT KEPERCAYAAN DAN KESALAHAN
TELAH DITENTUKAN DARI AWAL
|
PENELITIAN TERGANTUNG TERHADAP
KEMAMPUAN PENELITI
|
14
|
DATA
|
NOMINAL,ORDINAL,RASIO DAN INTERVAL
|
GEJALA,FOTO,REKAMAN, ARTEFAK,DAN LAIN
LAIN
|
Penelitian merupakan proses investigasi terhadap masalah untuk dicari solusi, dengan menarik kesimpulan dari penelitian masalah tersebut dan dapat dibuktikan secara empiris.
Pernakah kita mengamati fenomena disekitar kita dan menemukan sesuatu yang menarik untuk dicari jawabannya.Inilah awal dari sebuah penelitian.
Penelitan kualitatif
Mendeskripsikan dan menganalisa peristiwa aktivitas social,sikap,kepercayaa,persepsi ,pemikiran,dan sebagainya secara individual maupun berkelompok.
Penelitian kuantitatif
Mendiskripsikan sikap dan menganalisa serta menguji peristiwa dengan menggunakan angka ,pengolahan data statiskadan mengontrol variable penelitian yang sedang berlangsung secara objektif dan empiris.
Diatas adalah tabel perbedaan pendekatan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif
Penelitian berdasarkan explanative (kejelasan) terbagi tiga:
- Penelitian deskriptif
Tujuannya mengetahui nilai variable yang ditelititanpa membuat perbandingan dan meghubungkan ke variable lainnya
“Apakah pelajaran matematika sulit dipahami oleh murid sekolah dasar”.
- Penelitan komparatif
Suatu penelitan yang bersifat membandingkan variable yang ada tanpa terikat waktu ,tempat dan objek.
“loyalitas pendukung juventus berbeda dengan tingkat loyalitas pendukung Chelsea”.
Penelitian asosiatif
Tujuannya mengetahui pengaruh dan hubungan antara variable untuk melahirkan teori baru.
“Metode belajar cbsa yang diterapkan di sekolah dasar negri mampu meningkatkan prestasi belajar matematika”.
Penelitian berdasarkan perlakuan terbagia dua:
- Penelitan experimen
Penelitan yang orientasinya adalah percobaan tehadap objek yang di teliti.
“Pemberian jumlah pupuk kompos yang berbeda terhadap tanaman mempengaruhi kesuburannya”.
- Penelitan respon
Penelitan yang dilakukan merupakan hasil dari percobaan .
“Nyala lampu terangnya berbeda berdasarkan tingkat konsetrasi cairan yang diberikan”.
TERIMA KASIH SEMOGA MEMBANTU
No comments:
Post a Comment
selamat datang dan terima kasih telah berkunjung di blog ini,silahkan berkomentar dengan sopan